4 Cara Membuat Android Jadi Remote

By On Sabtu, September 21st, 2019 Categories : Android, Aplikasi

Cara Membuat Android Jadi Remote – Rasa lelah setelah pulang sekolah dan bekerja, dapat dihilangkan dengan menonton acara televisi.

Di waktu senggang dan hari libur, menonton televisi pun menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu.

Makan malam dan bercengkrama dengan keluarga juga terasa lebih hangat jika dilakukan saat menonton televisi. Namun, pernahkah anda menemui keadaan ketika remote televisi tiba-tiba hilang?

Hal yang menjengkelkan bukan, karena harus berdiri dan berjalan menuju televisi untuk mengganti channel, mengatur volume, serta menyalakan dan mematikan televisi.

Atau pernahkah anda menghadapi situasi ketika baterai remote sudah habis sehingga tidak bisa digunakan? Atau tiba-tiba remote tidak bisa difungsikan seperti biasanya? Lalu, apa yang bisa kita lakukan?

Seiring berjalannya waktu, perkembangan dan inovasi teknologi smartphone semakin canggih dan berkembang. Bahkan, saat ini, smartphone android dapat digunakan sebagai remote televisi, canggih bukan?

Jadi, anda tidak perlu mengganti baterai remote lagi serta tidak perlu khawatir apabila remote tiba-tiba hilang. Terlebih lagi, hampir semua merk televisi compatible dengan remote smartphone android ini, seperti merk LG, Samsung, Panasonic, Sharp, Sony, Toshiba, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Cara Blokir dan Menghapus Teman di LINE

Tentu, saat ini, anda menjadi penasaran bukan bagaimana cara membuat android menjadi remote? Berikut ini adalah langkah-langkah membuat android jadi remote, yaitu sebagai berikut:

Cara Membuat Android Jadi Remote

1. Menggunakan Aplikasi WatchOn

Cara Membuat Android Jadi Remote

Cara Membuat Android Jadi Remote

WatchOn merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh tim developer android (khusus smartphone Samsung) untuk dijadikan remote televisi berbagai merk, seperti Samsung, Polytron, Panasonic, LG, Sharp, Sony, dan lain sebagainya. Cara menggunakan aplikasi ini adalah sebagai berikut:

  • Download aplikasi WatchOn di smartphone Samsung. Buka aplikasi dan pilih Select Country or Region, pilih Indonesia. Pilih jenis televisi berbayar yang anda gunakan, apabila tidak menggunakan televisi berbayar, pilihlah Indovision (selanjutnya akan muncul pilihan untuk personalisasi, pilih Skip). Akan muncul syarat dan ketentuan dalam penggunaan aplikasi, pilih
  • Selanjutnya, pilih merk atau brand televisi yang anda gunakan, jika anda tidak menemukan merk tersebut maka pilihlah Show Other Brands. Pilih tombol power untuk menyalakan televisi pada aplikasi WatchOn ini, jika televisi kamu bisa dihidupkan maka pilih Yes (This Code One Work), jika televisi belum menyala pilih Send This Code Again untuk merespon ulang.
  • Klik Done untuk mengakhiri proses. Saat ini, smartphone android anda sudah berhasil digunakan sebagai remote televisi.

2. Menggunakan Aplikasi Zaza Remote

Cara Membuat Android Jadi Remote

Cara Membuat Android Jadi Remote

Langkah-langkah menggunakan aplikasi Zaza Remote adalah sebagai berikut:

  • Download dan install aplikasi Zaza Remote melaluli Google PlayStore.
  • Buka dan jalankan aplikasi Zaza Remote tersebut lalu klik Icon Menu (terletak di pojok kiri atas), lalu klik Icon +, kemudian pilih perangkat yang dikehendaki untuk remote (pilih Televisi, Air Conditioner, atau Proyektor).
  • Pilih merk perangkat televisi milik anda, misal Samsung, LG, dan lain-lain.
  • Selanjutnya, klik Icon Power. Apabila tidak ada respon terhadap televisi yang akan diremote, klik No Response dan klik kembali pada tombol Icon Power sampai ada respon terhadap televisi yang akan diremote. Jika sudah ada respon, maka klik Tap Has Response.
  • Saat ini, perangkat android anda sudah dapat digunakan sebagai remote televisi. Selanjutnya, anda bisa menggunakannya untuk menghidupkan atau mematikan, mengatur volume, mengganti channel, dan lain-lainnya.

3. Menggunakan Aplikasi IR Remote

Langkah-langkah menggunakan aplikasi IR Remote adalah sebagai berikut:

  • Download dan install aplikasi IR Remote melalui Google PlayStore.
  • Jalanankan aplikasi tersebut hingga anda diberikan beberapa pilihan menu.
  • Klik ‘IR Database’ untuk menampilkan daftar-daftar merk atau brand televisi lalu pilih sesuai dengan merk televisi yang anda miliki. Selanjutnya, akan muncul dialog box yang berisi interface/antarmuka yang mirip sekali dengan bentuk remote pada umumnya.
  • Saat ini, perangkat android anda sudah dapat digunakan sebagai remote telivisi. Anda bisa menggunakannya layaknya remote tv pada umumnya.

4. Menggunakan Aplikasi Lainnya

Cara Membuat Android Jadi Remote

Cara Membuat Android Jadi Remote

Apabila aplikasi-aplikasi di atas tidak dapat digunakan pada perangkat android anda, jangan khawatir, masih terdapat banyak sekali aplikasi remote universal serupa yang dapat anda download di Google PlayStore.

Di antaranya adalah Samsung IR-Universal Remote, LG TV Remote, Universal TV Remote, TV Remote Control Pro, Remote Control Collection, ASmart Control for TV, Remote Control for All TV, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mencobanya satu-satu dan menentukan mana aplikasi yang paling compatible dengan perangkat android anda. Selamat mencoba, semoga berhasil.

Selain berfungsi sebagai remote televisi, ternyata perangkat android juga bisa dijadikan sebagai remote perangkat elektronik lainnya, seperti set home teather, proyektor, DVD Player, AC (Air Conditioner), dan lain sebagainya, menarik bukan?

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai cara membuat android menjadi remote. Semoga artikel ini memberikan informasi, pencerahan dan dapat bermanfaat bagi anda para pembaca.

Baca Juga : Cara Menggunakan USB OTG

4 Cara Membuat Android Jadi Remote | materitekno | 4.5