Cara Agar Komputer atau Laptop Tidak Sleep Otomatis

By On Rabu, September 11th, 2019 Categories : Komputer, Laptop

Materitekno.com – Fitur sleep otomatis di Windows memang memiliki banyak manfaat, selain bisa menghemat daya, fitur ini juga dapat memperpanjang umur hard drive PC (Personal Computer), sehingga kita tidak perlu khawatir meninggalkannya untuk beberapa saat ketika ada aktivitas lain yang harus dikerjakan.

Cara Agar Komputer atau Laptop Tidak Sleep Otomatis

Cara Agar Komputer atau Laptop Tidak Sleep Otomatis

Namun, tidak dapat dipungkiri fitur sleep otomatis ini juga terkadang bisa mengganggu, misalnya ketika sedang men-download file yang besar, streaming film, atau ketika sedang melakukan performing system maintenance.

Kalau kalian pernah mengalaminya, tidak perlu bingung karena ada banyak cara untuk menonaktifkan fitur sleep otomatis.

Sleep atau Hibernation?

Sebelum membahasnya lebih lanjut, sudahkah kalian mengetahui perbedaan sleep mode dan hibernation mode? Banyak orang yang masih keliru dalam membedakan sleep dan hibernation, padahal dua mode ini cukup berbeda, loh.

Ketika sleep mode diaktifkan, sebagian besar komponen PC akan mati, sementara RAM tetap menyala dengan daya minimum.

Windows akan menyimpan semua proses di RAM. Untuk kembali menyalakan PC, kita hanya perlu menekan tombol apa saja dan pekerjaan yang sempat ditinggalkan akan kembali muncul dalam hitungan detik.

Berbeda dengan sleep mode, hibernation mode menyimpan semua proses yang sedang berlangsung di RAM pada hard drive.

Ketika mode ini diaktifkan, PC akan mati total sehingga tidak ada daya yang digunakan. Oleh karena itu, membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali bekerja ketika menyalakan PC kembali.

Cara Menonaktifkan Fitur Sleep Otomatis

Jika kita ingin membiarkan PC tetap menyala dan mematikan fitur sleep otomatis, ada banyak cara yang dapat kita coba, mulai dari mengubah setting pada PC hingga mengunduh dan menginstal beberapa aplikasi yang dapat mempermudah pekerjaan kita.

1). Menggunakan Windows Power Options

Berikut ini merupakan langkah-langkah menonaktifkan sleep otomatis melalui Windows Power Options pada Windows 10:

  • Buka menu Start lalu buka Settings
  • Pilih System
  • Pilih Power & sleep di kolom sebelah kiri
  • Scroll ke bawah hingga menemukan bagian Sleep
  • Atur menu drop-down di bawah “When plugged in, PC goes to sleep after” ke “Never.

Kita juga bisa mengganti “On battery power, PC goes to sleep after” ke “Never”, namun cara ini tidak disarankan.

2. Menggunakan Screen Saver

Berikut ini merupakan langkah-langkah mengaktifkan screen saver:

  • Buka menu Start dan ketik Change screen saver lalu tekan Enter
  • Pilih screen saver yang kita inginkan melalui menu drop-down di bawah Screen saver
  • Atur jeda dan sebagainya di Settings, lalu klik

3. Menggunakan berbagai macam aplikasi

Ada banyak sekali aplikasi yang dapat di-download dan diinstal untuk mencegah PC sleep otomatis, berikut diantaranya:

  • Don’t Sleep

Don’t Sleep merupakan aplikasi yang memungkinkan sistem PC untuk tidak restart, shutdown, hibernate, atau sleep. Aplikasi ini menyediakan timer yang dapat mempermudah pengubahan setting.

Jika ingin menghidupkan sistem PC dengan waktu yang spesifik, kita hanya perlu menyalakan timer dan menambahkan batasan waktunya.

Don’t Sleep membantu menghemat waktu dengan tidak membuat penggunanya bolak-balik mengutak-atik setting PC untuk menjaganya dari sleep mode. Mudah dan sangat membantu, kan?

  • Insomnia

Insomnia hadir untuk Windows 32 bit dan 64 bit. Aplikasi ini berukuran kecil dan sangat simpel. Setelah menginstal Insomnia, sebuah jendela kecil akan muncul di layar PC bertuliskan “The computer can not go to sleep while this window is open.”

Sebagaimana tulisannya, selama jendela tersebut terbuka, PC akan tetap terjaga dan tidak akan sleep otomatis.

Kita bahkan tidak perlu mengatur timer atau mengubah setting untuk membuat PC tetap menyala. Biarkan jendelanya terbuka dan nikmati sistem tanpa sleep otomatis selama yang kita inginkan.

  • Noise

Noise merupakan aplikasi yang tidak kalah simpelnya. Setelah menginstal Noise, sebuah jendela akan terbuka dan meminta penggunanya untuk menekan tombol apa saja pada keyboard.

Setelah 60 detik, Noise akan mengirimkan keystroke ke prosesor sehingga prosesor berpikir bahwa kita sedang aktif menggunakan keyboard.

Dengan begitu, PC tidak akan sleep otomatis dan layar akan tetap menyala. Kita dapat dengan mudah menggunakan apa saja dengan membuka jendela kecil ini dan tidak akan menghambat pekerjaan lainnya.

  • Caffeine

Mirip seperti Noise, Caffeine bekerja dengan cara menyimulasikan penekanan tombol setiap 59 detik, membuat prosesor berpikir kita masih menggunakan keyboard sehingga layar tidak akan terkunci dan mengaktifkan screen saver.

Bedanya, tidak ada jendela yang terbuka sebagaimana pada Noise ketika Caffeine diinstal, melainkan terdapat ikon teko kopi di sisi paling kiri task bar.

Klik dua kali ikon tersebut maka teko akan menjadi kosong dan aplikasi ini akan menjadi nonaktif sementara.

Klik dua lagi untuk mengisi ulang teko, maka aplikasi ini akan kembali aktif dan mencegah PC sleep otomatis. Simpel bukan?

Nah, inilah kan cara-cara yang mudah untuk mencegah PC sleep otomatis ketika kalian sedang men-download file, streaming film, atau membaca buku digital. Cara mana yang paling kalian suka?

Cara Agar Komputer atau Laptop Tidak Sleep Otomatis | materitekno | 4.5