5 Cara Memilih Komputer Rakitan Untuk Game

By On Senin, Desember 9th, 2019 Categories : Komputer

Cara Memilih Komputer Rakitan Untuk Game – Apabila anda ingin memilih komputer rakitan untuk game yang paling terbaik.

5 Cara Memilih Komputer Rakitan Untuk Game

5 Cara Memilih Komputer Rakitan Untuk Game

Mungkin anda adalah orang yang paling tepat ketika anda sudah berada disini. Karena kami disini akan membahas cara memilih komputer rakitan terbaik untuk game.

Cara memilinya sih… sangat mudah apabila anda telah memahami dengan spesifikasi yang ada pada komputer rakitan.

Cara Memilih Komputer Rakitan Untuk Game

Namun anda yang belum paham bisa memilih komputer rakitan yang terbaik dengan cara mengikuti 5 langkah yang ada dibawah ini.

1. Menyediakan Prosesor Terbaik

Pada umumnya prosesor terdapat dua pilihan yang bisa dipilih oleh anda, kedua itu prosesor tersebut adalah Intel ataupun AMD.

Dalam pemilihan kedua prosesor anda tak perlu bingung untuk memilih yang mana atau apa yang harus saya beli.

Disebabkan pemilihan terhadap kedua prosesor hanya bisa tergantung dengan selera anda, karena kedua prosesor tersebut memiliki kelebihan hingga kekurangan tersendiri.

Jika anda membeli rosesor yang berjenis Intel, maka anda akan mendapatkan harga yang lebih mahal daripada prosesor AMD.

Walaupun prosesor Intel harganya lebih mahal daripada AMD, akan tetapi prosesor Intel memiliki kemampuan yang lebih baik daripada prosesor AMD.

Jika anda memiliki budget yang terbatas anda bisa menggunakan prosesor jenis AMD.

Jika anda bertanya, mana yang harus saya pilih? Kami menyarankan untuk menggunakan prosesor Intel meski harganya mahal. Akan tetapi, prosesor Intel memiliki suhu yang stabil dengan watt prosesornya juga lebih rendah.

Hal yang sebenarnya, banyak orang yang mengatakan kalau prosesor AMD akan lebih cepat memanas apabila dibandingkan dengan prosesor Intel.

Nah, bagi anda yang hobi main game pasti ingin memiliki komputer rakit yang terbaik untuk. Apabila anda ingin menggunakan prosesor Intel untuk bermain game.

Maka kami disini kami menyarankan untuk menggunakan kurang lebih bertipe Core i5. Bagi anda yang ingin menggunakan prosesor AMD, maka anda harus memilih prosesor yang setara dengan Intel Core i5.

2. Memilih Grapic Card/Kartu Grafis (VGA) Yang Tepat Buat Game

Grapic Card atau Kartu Grafis tersedia dua pilihan, yaitu ATI dan Nvidia. Jadi, mana yang harus saya gunakan? Jika kita lihat kalau ATI dibandingkan dengan Nvidia dimana ATI biasanya dijual dengan harga yang murah, meskipun spesifikasinya sama. Pada umumnya perbedaan dari kedua Grapic Card terlihat dari penggunaan terhadap prosesor.

Apabila prosesor yang digunakan oleh anda adalah Intel, alangkah baiknya anda menggunakan Nvidia. Jika prosesor yang digunakan oleh anda itu AMD, maka alangkah baiknya anda menggunakan ATI.

Sebenarnya Nvidia juga boleh dipasangkan pada prosesor AMD. Akan tetapi anda harus menggunakan motherboard yang berchipset Nforce.

Dalam VGA anda juga harus memilih yang paling tepat, pemilihan yang tepat harus mengikuti 3 hal yang ada dibawah ini.

  • Hal yang harus dilakukan oleh anda pertamakali untuk memilih VGA adalah Jumlah Core Kartu Grafis. Apabila jumlah core banyak dalam suatu GPU, maka proses komputasi akan menjadi lebih meningkatk dalam melaksanakan satu waktu dari GPU tersebut.
  • Hal selanjutnya adalah memilih kartu grafis yang memiliki nilai TDP kecil. Karena semakin banyak nilai TDP, besar kemungkinan ini akan terjadi overheat. Maka dari itu, kami menyarankan anda harus memilih nilai TDP yang kecil, dikarenakan ini adalah pilihan yang bijak.
  • Hal yang terakhir adalah pemilihan tipe memory dan juga bandwidth. Ada berbagai tipe memory, namun disini kami sangat sarankan untuk menggunakan memory yang bertipe GDDR5X. Karena memiliki kemampuan yang paling terbaik untuk komputer rakitan terhadap game. Bandwidth juga harus diperhatikan oleh anda, semakin cepat bandwidth, kemungkinan besar ini akan membuat jumlah frame pada gambar akan meningkat.

3. Memilih RAM atau Memory Yang Tepat Untuk Game

RAM merupakan poin yang harus diterapkan oleh anda untuk bermain game pada komputer rakitanmu. Pemilihan pada RAM setidaknya harus memilih paling kurang 4 GB Single Slot.

Dengan begitu nantinya akan ditambahkan dengan 1 slot yang berukuran sama hingga menjadi 8 GB. Bahkan untuk RAM yang seperti masih kurang untuk bermain, salah satunya game yang bernama Watchdog.

Pada umumnya permainan ini membutuhkan RAM yang mencapai kurang lebih 6 GB. Tak hanya itu saja, anda juga memperhatikan terhadap kompatibilitas RAM yang akan dipilih oleh anda dengan motherboard yang dimilikinya.

Apakah menggunakan DDR3 atau DDR2, akan menjadi lebih baik jika anda memilih RAM yang memiliki slot DDR3, akan tetapi tentu saja dalam motherboard juga harus menggunakan sebuah slot tersebut.

4. Memilih Hardisk Yang Terbaik

Untuk memilih Hardisk juga harus diperhatikan oleh anda yang ingin menggunakan komputer rakitan untuk game. Namun pemilihan Hardisk hanya tergantung dengan kebutuhan anda. Namun kami disini sangat merekomendasikan untuk memilih kurang lebih 500 GB.

Pada umumnya Hardisk sendiri memiliki berbagai kecepatan, seperti 7200 RPM, 10000 RPM hingga sampai 15000 RPM. Ini dikarenakan setiap game memiliki ukuran yang minimal diatas rata-rata 5 GB, apalagi game yang terbaru.

Umumnya anda juga bisa mempertimbangkan dengan menggunakan SSD dimana ini memiliki performance dengan kecepatan yang lebih baik jika dibandingkan dengan Hardisk yang biasa.

Baca Juga :

5. Motherboard atau Mainboard Pada Komputer Gaming

Motherboard atau Mainboard tidak kalah penting juga dengan beberapa hal yang diatas untuk memilih komputer rakitan untuk game. Dalam pemilihan motherboard atau mainboard anda harus memilih kriteria yang tepat, seperti yang ada dibawah ini.

  • Memilih motherboard yang sudah menggunakan seratus persen Solid Capastor, sehingga ini akan membuat lebih tahan lama pemakaiannya.
  • Langkah yang selanjutnya anda harus memilih motherboard dengan ukuran besar ataupun sedang serta memory yang mencapai 4 slot. Hal ini untuk mempermudahkan dalam melakukan pengupgrade pada hardware nantinya.
  • Terakhir anda bisa memperhatikan yang ada di motherboard tersebut, misalnya USB 3 dengan Slot VGA Card, apakah mendukung CrossFire ataupun SLI dan lain sebagainya.
5 Cara Memilih Komputer Rakitan Untuk Game | materitekno | 4.5