Penyebab dan Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

By On Senin, November 18th, 2019 Categories : Komputer

Penyebab dan Cara Memperbaiki Hardisk Rusak – Apa yang harus dilakukan ketika hard disk mengalami kerusakan? Apakah harus membeli hard disk yang baru sebagai pemecahan masalahnya?

Penyebab dan Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

Penyebab dan Cara Memperbaiki Hardisk Rusak

Eits, tunggu dulu! Jangan terlalu tergesa-gesa untuk mengeluarkan uang. Coba cari tahu apa penyebabnya sehingga kita bisa temukan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab adalah Hal Utama yang Mesti Dicari

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab hard disk menjadi rusak, di antaranya adalah sebagai berikut.

1). Penggunaan Tanpa Batas

Setiap perangkat laptop ataupun komputer pasti memiliki batasan waktu untuk beroperasi. Oleh karenanya, pengguna diharapkan untuk menjaga hal tersebut karena hal ini juga dapat memicu peningkatan suhu pada hard disk.

Perhatikan waktu istirahat dan durasi penggunaan untuk menghindari atau meminimalisir resiko kerusakan hard disk.

2). Panas

Panas berlebih yang terjadi pada hard disk semula dilatarbelakangi oleh penggunaan hard disk dalam durasi yang lama. Lebih lagi hard disk tersebut dinyalakan dengan bantuan listrik. Seperti yang diketahui bahwa listrik mengalirkan tenaga panas, namun penggunaannya harus dalam durasi yang normal.

Panas yang berlebih akan berdampak pada penurunan performa hingga merusak elemen penyusun hard disk.

Untuk meminimalisir terjadinya hal tersebut, sebaiknya menyediakan cooling pad demi menjaga kestabilan suhu hard disk.

3). Terbentur atau Terjatuh

Kerusakan hard disk dikarenakan terjatuh atau terbentur akan membuat posisinya mengalami pergeseran pada komponen komputer ataupun laptop.

Inilah yang menyebabkan komputer atau laptop tidak bekerja secara maksimal hingga mengalami kerusakan.

4). Ketidakstabilan Listrik

Listrik yang tidak stabil akan memicu lambannya kinerja hard disk hingga membuatnya bekerja tidak beraturan. Oleh karenanya, perlu kiranya memeriksa pasokan listrik sebelum menggunakan komputer.

5). Komputer Tiba-tiba Mati

Komputer ataupun laptop yang tiba-tiba mati ketika beroperasi membuat kinerja hard disk menjadi terpaksa.

Semula hard disk dapat berputar dengan kecepatan tinggi ketika beroperasi, namun seketika terhenti ketika mendapatkan perintah shutdown. Kasus ini terjadi pada pengguna yang sering melakukan force shutdown.

6). Aplikasi yang Terlalu Berat

Meskipun komputer dan laptop memiliki ruang penyimpanan yang besar, pemasangan aplikasi yang berlebihan memperlambat kinerja hard disk.

Lebih lagi jika seluruh aplikasi diaktivasi secara bersamaan. Selain dapat membuat perangkat menjadi cepat panas, pemasangan aplikasi yang berlebihan juga mampu membuat hard disk bekerja dengan sangat terpaksa.

7). Faktor “U”

Kerusakan yang terjadi pada hard disk juga dipengaruhi oleh “usianya”. Ibarat manusia, semakin tua usia seseorang, maka akan semakin sulit bekerja terlalu menguras tenaga.

Terkadang, solusi untuk masalah ini adalah menggantinya dengan hard disk yang baru.

Baca Juga :

Cara Memperbaiki Hard Disk Rusak

Ketika pengguna sudah mengetahui penyebab kerusakan hard disk, maka hal yang dapat dilakukan selanjutnya adalah memperbaiki hard disk.

Terdapat dua kategori kerusakan hard disk yaitu bad sector dan hard disk tidak terbaca atau no bootable.

Cara yang pertama yang dapat dilakukan adalah memperbaiki hard disk yang mengalami kerusakan di kategori bad sector.

1). Bad Sector

Terdapat dua kerusakan bad sector yaitu bad sector fisik dan bad sector logic.

Bad sector fisik adalah kerusakan yang terjadi pada komponen hard disk itu sendiri. Ketika masalah ini ditemui oleh pengguna, sebaiknya dilakukan penggantian dengan hard disk yang baru.

Sementara itu, bad sector logic adalah kerusakan hard disk yang disebabkan oleh virus atau malware lainnya.

Langkah-langkah memperbaiki hard disk yang rusak pada kategori bad sector adalah sebagai berikut.

  • Menyiapkan komputer atau laptop.
  • Pasanglah hard disk yang rusak pada perangkat sehingga terdapat dua hardisk dalam satu peraangkat komputer atau laptop.
  • Lakukan instalasi aplikasi untuk memperbaiki hard disk seperti aplikasi HDD LLF Low Format Tool, lalu ambil pilihan “Download Windows Installer”.
  • Buka software tersebut lalu klik pilihan “low level format”.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul partisi baru.

2). Cara Memperbaiki Hard disk No Bootable

Kerusakan hard disk karena kasus no bootable atau tidak dapat terbaca pada umumnya disebabkan oleh pemasangan hard disk yang kurang tepat atau disebabkan oleh terjadinya benturan.

Lakukan pengecekan ulang, lalu betulkan posisi hard disk kepada tempatnya.

Biaya Perbaikan Hard Disk

Jika pengguna memperbaiki hard disk melalui teknisi terkait, terdapat biaya yang harus dikeluarkan yaitu sekitar Rp.600.000 hingga Rp.1.500.000 untuk kerusakan ringan dan menengah pada media HDD 0 – 499 GB, Rp.800.000 hingga Rp.2.000.000 untuk kerusakan ringan dan menengah pada media HDD 500 – 999 GB, dan Rp.1.200.000 hingga Rp.4.000.000 untuk kerusakan ringan dan menengah pada media diatas 1 TB.

Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki hard disk rusak. Jika kerusakan tidak dapat diperbaiki lagi, cara yang terbaik untuk memperbaiki hard disk tersebut adalah menggantinya dengan hard disk baru. Selamat Mencoba!

Penyebab dan Cara Memperbaiki Hardisk Rusak | materitekno | 4.5