8 Cara Mendinginkan Prosesor (Processor)

By On Minggu, September 15th, 2019 Categories : Komputer

Cara Mendinginkan Prosesor (Processor) – Perangkat komputer yang digunakan terus menerus dalam waktu yang cukup lama  akan mengakibatkan terjadinya overheating – yaitu prosesor yang suhunya sudah terlalu panas.

8 Cara Mendinginkan Prosesor (Processor)

8 Cara Mendinginkan Prosesor (Processor)

Prosesor dapat diibaratkan sebagai otak pada sebuah komputer yang menyimpan dan memproses setiap informasi yang masuk ke komputer.

Prosesor yang terlalu panas tersebut akan berdampak pada kinerja komputer kita, yaitu komputer akan menjadi lambat, lemot, atau hang (sistem komputer tidak dapat merespon atau menanggapi perintah yang diberikan).

Hal ini tentunya tidak baik jika dibiarkan begitu saja, karena bisa mengarah pada kerusakan pada komputer yang kita miliki.

Aktivitas berat seperti bermain game di komputer merupakan salah satu penyebab prosesor menjadi panas. Sebenarnya, merawat prosesor tidak mebutuhkan biaya yang besar.

Cukup dengan melakukan perawatan yang rajin dan rutin serta konsisten, agar performa komputer tetap bekerja dengan optimal.

Baca Juga : Cara Agar Komputer atau Laptop Tidak Sleep Otomatis

Cara Mendinginkan Prosesor (Processor)

Prosesor yang ‘sehat’ membuat kinerja komputer keseluruhan berjalan dengan baik. Agar kinerja komputer tidak terganggu, berikut ini adalah tips dan cara untuk mendinginkan prosesor pada komputer yang bisa kita lakukan, yaitu sebagai berikut:

1. Sirkulasi Udara

Bisa jadi, prosesor komputer lebih cepat panas karena kondisi ruangan yang panas dan kotor.

Oleh karena itu, letakkan dan gunakan komputer atau laptop pada ruangan yang dirasa memungkinkan, memiliki sirkulasi udara yang baik, tidak terkena sinar matahari secara langsung, dan tidak terlalu lembab.

Ketersediaan aliran udara di sekitar laptop akan menjaga prosesor agar tidak terlalu panas.

2. Kipas Pendingin

Cara yang lebih efektif untuk mendinginkan prosesor adalah menggunakan kipas pendingin yang umum disebut sebagai cooling pad (diletakkan tepat di bawah laptop).

Kipas pendingin ini bekerja dengan baik dalam mendinginkan semua komponen pada laptop. Apabila penggunaan cooling pad masih dirasa kurang, dapat ditambah dengan kipas kecil yang dihadapkan ke luar untuk mengalirkan udara panas dari dalam komputer.

3. Biarkan Komputer Beristirahat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, penggunaan komputer dalam waktu yang lama dapat membuat prosesor menjadi panas.

Oleh karena itu, komputer perlu diberi jeda istirahat setelah dipakai seharian. Meskipun komputer memiliki komponen kipas di dalamnya, namun penggunaan yang sangat lama tanpa istirahat tentu membuat prosesor memanas. Komputer butuh ‘tidur’ agar dapat berfungsi seperti sediakala.

4. Jalankan Computer dengan Casing Tertutup

Banyak orang awam yang menganggap bahwa menjalankan komputer dengan casing yang terbuka akan mengalirkan udara lebih banyak ke dalam prosesor.

Ternyata, hal ini salah besar. Membuka casing CPU akan membuat debu dan kotoran dengan mudahnya masuk ke dalam komputer.

Nantinya, kotoran ini akan menyumbat kipas pendingin sehingga kinerja kipas menjadi lebih lambat. Kipas yang lambat lama kelamaan akan menjadi rusak dan tidak bisa berfungsi dengan optimal.

5. Bersihkan Komputer Anda

Bisa jadi, prosesor komputer menjadi cepat panas karena ada debu atau kotoran yang mengganggu kinerja kipas. Kotoran yang menempel pada kipas akan mengurangi kinerja kipas.

Oleh karena itu, matikanlah komputer anda, buka casing, bersihkan komponen-komponen di dalam komputer tersebut menggunakan air compressor (atau kalau tidak memiliki, bisa menggunakan tisu dan lap kering).

Jika dirasa kipas sangat kotor, keluarkan kipas tersebut dan bersihkan dari segala kotoran yang menempel.

6. Jalankan Aplikasi Sesuai Kemampuan Komputer

Terkadang, beberapa orang memaksakan menginstall program atau aplikasi berat yang sebenarnya tidak disanggupi oleh komputer tersebut. Oleh karena itu, prosesor akan bekerja sangat keras sehingga suhu menjadi sangat panas.

Sebaiknya, cukup install aplikasi yang memang sesuai dengan kemampuan komputer yang dimiliki. Sebelum menginstall sebuah program atau aplikasi, telusuri terlebih dahulu spesifikasi komputer dan kebutuhan memori aplikasi.

7. Ganti Kipas Lama

Apabila akhir-akhir ini prosesor komputer terasa lebih panas dari biasanya, anda bisa melakukan pengecekan pada kipas CPU.

Bisa jadi, kipas CPU pada komputer tersebu sudah tidak lagi berfungsi dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut, bisa dengan membeli kipas CPU baru.

Karena proses pemasangan kipas cukup sulit, maka pemasangan kipas ini perlu dilakukan oleh professional agar mencegah dari kerusakan. Bawalah CPU ke tukang atau teknisi reparasi komputer.

8. Gunakan Thermal Paste Berkualitas

Thermal Paste memiliki fungsi untuk mengalirkan suhu panas dari prosesor menuju ke heatsink sehingga prosesor menjadi lebih cepat dingin.

Agar efektifitas proses pendinginan menjadi lebih baik, gunakanlah thermal paste yang berkualitas agar dapat berfungsi dengan maksimal. Thermal paste yang tidak berkualitas fungsinya tidak akan maksimal.

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai cara mendinginkan prosesor (processor) komputer. Jangan lupa, ikuti langkah-langkah di atas agar prosesor anda tetap dalam kondisi yang baik.

Jangan ragu untuk mengujungi teknisi professional apabila ragu untuk mengatasinya sendiri. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Baca Juga : 9 Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet

8 Cara Mendinginkan Prosesor (Processor) | materitekno | 4.5