Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

By On Senin, November 18th, 2019 Categories : Komputer

Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca – Flashdisk adalah hardware yang digunakan untuk menyimpan dan berkirim data dari satu perangkat ke perangkat lainnya. Seringkali, flashdisk yang digunakan untuk berkirim data tersebut terkena virus hingga mengakibatkan data yang ada di dalamnya tidak terbaca.

Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

Inilah hal yang sering dikeluhkan saat membuka flashdisk untuk kepentingan pemindahan data. Lalu, apa yang harus dilakukan utuk mengatasi flashdisk tidak terbaca? Apakah harus membuang flashdisk tersebut atau memformatnya?

Baca Juga :

Untuk mengatasi kebingungan yang demikian itu, mari simak cara mengatasi flashdik tidak terbaca berikut ini.

Penyebab Flashdik Tidak Terbaca

1). Konektor dalam Keadaan Kotor

Sebelum menyambungkan flashdisk pada konektor yang ada di perangkat, cobalah periksa terlebih dahulu keadaan konektor tersebut. Apakah konektor tersebut sudah berada dalam keadaan yang bersih ataukah dalam keadaan kotor.

Kondisi konektor yang kotor juga akan membuat flashdisk malah tidak dapat bekerja hingga tidak terbaca pada perangkat komputer.

2). Gangguan pada Driver USB

Gangguan ini bisa saja terjadi karena adanya konsleting pada konektor flashdisk di perngkat komputer. Konsleting tersebut disebabkan oleh arus yang tidak stabil atau penggunaan kabel USB hingga flashdisk yang tidak original.

3). Malware atau Virus

Ini merupakan alasan yang paling sering menyebabkan flashdisk tidak terbaca. Malware atau virus biasanya berasal dari pertukaran data, unduhan data, hingga seringnya flasdisk keluar masuk antar perangkat.

4). Flashdisk Abal-abal atau Berkualitas Rendah

Kehadiran flashdisk terbilang krusial bagi pekerja yang selalu berkutat pada perangkat komputer. Saking seringnya menggunakan flashdisk, kehilangan flashdisk pun kerap terjadi. Sehingga, memilih flashdisk yang murah tanpa memedulikan kualitasnya  menjadi pilihan.

Meskipun flashdisk tersebut dapat bekerja dengan baik, namun lama kelamaan akan terlihat kualitas flashdisk yang buruk seperti kehilangan data hingga menyebabkan flashdisk tidak terbaca.

Cara Mengatasi Flashdik tidak Terbaca    

Ketika flashdisk ditemukan tidak bisa terbaca pada suatu perangkat, maka pengguna dapat mengatasi hal tersebut dengan langkah-langkah berikut ini.

1). Coba Alihkan ke Perangkat Lain

Hal pertama yang dapat dilakukan setelah mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca adalah dengan mencolokkan flashdisk tersebut ke perangkat yang lainnya. Periksalah keadaan flashdisk tersebut apakah sama saja keadaannya dengan perangkat sebelumnya atau malah sebaliknya.

Apabila pada perangkat lainnya flashdisk tersebut dapat terbaca, maka kerusakan terjadi pada driver perangkat sebelumnya. Jika diketahui keadaan flashdisk sama buruknya, maka lakukanlah langkah selanjutnya.

2). Memastikan Port USB dalam Keadaan Bersih

Ketika hendak memeriksa data pada flashdisk, jangan lupa untuk mengecek keadaan konektor atau port USB terlebih dahulu. Pastikan konektor USB berada dalam keadaan bersih untuk menghindari masalah flashdisk tidak terbaca.

3). Cek Notifikasi

Ketika flashdisk tidak terbaca, cobalah memeriksa notifikasi pada hardware. Jika notifikasi tersebut memberitakan bahwa terjadinya permasalahan pada flashdisk, lakukanlah langkah-langkah berikut untuk memulihkannya.

  • Hubungkan flashdisk ke perangkat komputer atau laptop, lalu masuk ke “control panel”.
  • Jadikan tampilannya dalam mode klasik, lalu pilih dan klik “add hardware”.
  • Setelah melakukan klik pada “add hardware”, muncullah sebuah kotak dialog. Klik tombol next pada kotak dialog tersebut.
  • Jika muncul dua pilihan, maka lakukan klik pada pilihan “Yes, I have already connected to this hardware”.
  • Perangkat akan memeriksa flashdisk secara otomatis.
  • Ketika flashdisk telah terdeteksi oleh perangkat komputer, muncullah autorun sebagai tanda berhasilnya flashdisk tersebut terdeteksi.
  • Deteksi tidak perlu diteruskan jika pada desktop sudah muncul kotak dialog “removable hardware” yang menandakan flashdisk tersebut sudah bisa beroperasi.

4). Pilihan Cara Lain

Ketika masalah flashdisk tidak terbaca berujung pada masalah yang serius, manfaatkan kehadiran aplikasi hingga pemeriksaan ulang pengaturan komputer untuk memperbaikinya. Berikut adalah alternative cara mengatasi flashdisk tidak terbaca.

Terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi flashdisk yang tidak terbaca seperti CMD dan format ulang.

CMD

  • Hubungkan flashdisk ke perangkat komputer.
  • Setelah flashdisk terhubung ke perangkat, bukalah “command prompt” melalui tombol start atau mengetiknya di kolom pencarian, lalu temukanlah opsi “cmd”.
  • Setelah memilih opsi “cmd”, tulislah kode penyimpanan flashdisk pada command prompt, contohnya: “removable disk (F)”. Huruf “f” di sana berlaku sebagai kodenya.
  • Lalu ketik checkdisk/f dan pilih “Y” untuk yes.
  • Setelah itu, ambil pilihan restart perangkat komputer.

Format Ulang

Ketika cara-cara di atas tidak membantu sama sekali, maka cobalah untuk melakukan format flashdisk. Resiko melakukan format flashdisk ini akan menghilangkan seluruh data yang ada. Namun, ini tidak akan menjadi masalah ketika pengguna memiliki cadangan data.

Setelah format ulang flashdisk dilakukan, maka flashdisk dapat bekerja seperti semula. Jika ini tidak berhasil, maka solusi terbaik adalah dengan membeli flashdisk baru.

Nah, itulah beberapa cara mengatasi flashdik tidak terbaca. Tidak perlu panik karena semua masalah pasti memiliki solusi yang tepat. Sekarang tinggal bagaimana cara mempraktikkannya agar dapat mengatasi masalah yang sama di kemudian hari.

Penyebab dan Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca | materitekno | 4.5