9 Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet

By On Sabtu, September 14th, 2019 Categories : Komputer

Cara Merawat Komputer – Dalam melakukan aktivitas sehari-hari, kita tidak pernah jauh dari bantuan teknologi. Mulai dari televisi, kipas angin, ac, mesin cuci, seterika, dan lain sebagainya.

9 Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet

9 Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet

Teknologi komunikasi seperti telepon genggam, smartphone, dan komputer juga erat kaitannya dengan pekerjaan kita sehari-hari.

Apabila Anda adalah pengguna rutin komputer atau laptop, tentu Anda berharap agar komputer yang dimiliki tetap awet dan tidak mudah rusak. Perawatan komputer yang baik juga dapat mencegah kinerja komputer menjadi lola (loading lambat).

Secara umum, terdapat dua garis besar yang perlu diperhatikan dalam merawat komputer, yaitu hardware dan software.

Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet

Berikut ini adalah beberapa tips dan cara merawat komputer yang bisa diterapkan agar komputer tetap awet dan tahan lama, baik hardware maupun software, yaitu sebagai berikut:

1. Jangan Mencabut Kabel Komputer Ketika Sedang Menyala

Mencabut kabel komputer saat kondisi masih menyala dapat mempercepat kerusakan pada komputer. Hal ini disebabkan karena adanya hubungan singkat pada soket konektor dan motherboard komputer.

Oleh karena itu, komputer harus dimatikan secara normal melalui shut down, baru setelah itu diperbolehkan mencabut kabel dari stop kontak.

2. Gunakan UPS dan Stalvolt pada Sistem Kelistrikan

Gunakanlah UPS atau stalvolt pada sistem kelistrikan. Hal ini diperlukan untuk mengantisipasi jika terjadi pemadaman listrik. Dengan digunakannya UPS dan stalvolt, maka komputer tidak mati mendadak.

Seperti yang dijelaskan di atas, komputer yang mati mendadak dapat menyebabkan kerusakan pada komputer yang Anda miliki.

Cara ini dapat membuat hardware menjadi awet dan tahan lama. Apabila harga UPS terlalu mahal, Anda dapat memilih menggunakan stalvolt yang harganya lebih terjangkau.

3. Hindarkan Komputer dari Benda Asing

Jangan dekatkan minuman ataupun makanan apapun di dekat komputer, untuk mengantisipasi minuman atau makanan tumpah sehingga merusak perangkat komputer.

Apalagi menaruh minuman di atas perangkat komputer, jika tidak sengaja terjatuh maka akan berakibat fatal.

Memakan sesuatu saat sedang menggunakan komputer juga dapat mengakibatkan remahan makanan tersebut jatuh dan masuk di sela-sela keyboard sehingga sulit untuk dibersihkan.

Tempatkan komputer di area yang sesuai, tempat yang bersih, tidak terkena matahari langsung, tidak banyak debu, dan tidak terlalu lembab.

4. Bersihkan Komputer Secara Berkala

Komputer perlu dibersihkan dari kotoran dan debu secara rutin setidaknya setiap 6 bulan sekali. Anda dapat membersihkannya menggunakan kain kering yang bersih dengan cara diusap secara perlahan agar debunya menghilang.

Komputer yang tetap terjaga dalam kondisi bersih akan meminimalisir terjadinya kerusakan. Komponen-komponen komputer yang perlu dibersihkan adalah monitor, sela-sela keyboard, modem, dan bagian-bagian lainnya yang sekiranya penuh dengan debu.

5. Maksimalkan Pendingin Komputer

Perangkat elektronik tentu akan menimbulkan panas ketika digunakan. Oleh karena itu, perangkat elektronik seperti komputer tentu memiliki komponen pendingin di dalamnya.

Pada salah satu perangkat komputer yaitu CPU (Central Processing Unit), terdapat sistem pendingin yang biasanya terdiri dari material logam dan kipas.

Gunakanlah kipas pendingin prosesor yang baik agar sistem pendingin dapat bekerja dengan maksimal.

6. Update Antivirus

Akhir-akhir ini, virus kerap meresahkan pengguna komputer. Virus dapat membuat data-data kita hilang sehingga hal tersebut harus diantisipasi.

Kita perlu memasang antivirus pada komputer agar data-data tetap aman. Terdapat berbagai macam antivirus yang dapat diinstal dengan mudah, seperti Smadav, Avira, AVG, McAfee, dan lain sebagainya.

Lalu, jangan lupa untuk mengupdate antivirus secara berkala agar dapat bekerja dengan maksimal.

7. Hapus Program yang Tidak Berguna

Dengan menghapus program-program yang dirasa tidak berguna, maka akan menimimalisir penggunaan RAM pada komputer.

Setiap program atau aplikasi yang dijalankan akan memerlukan RAM, maka sebaiknya gunakanlah program yang memang benar-benar digunakan.

RAM yang terlalu penuh akan membuat komputer menjadi berat, lambat, dan bahkan dapat membuat komputer menjadi rusak.

8. Bersihkan Recycle Bin secara rutin

Setiap kali kita menghapus file, ternyata file tersebut tidak otomatis langsung terhapus, melainkan ditampung terlebih dahulu di recycle bin.

Hal ini bertujuan agar ketika tidak sengaja menghapus file penting, maka masih bisa dicari dan disimpan kembali.

Recycle bin ini dapat menyita ruang pada hard disk, maka hapus kembali file-file di recycle bin jika dirasa memang sudah tidak diperlukan lagi.

9. Gunakan Software Original

Dengan menggunakan software atau perangkat lunak yang original, akan meminimalisir kerusakan pada sistem komputer kita.

Minimal, gunakanlah perangkat lunak yang original pada sistem komputernya, contohnya adalah Windows. Software yang tidak original tentunya dapat membawa virus atau hal-hal buruk lainnya yang dapat membuat komputer tidak awet.

Demikianlah penjelasan dan ulasan mengenai tips dan cara merawat komputer agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Jangan lupa terapkan tips-tips di atas agar komputer Anda awet dan tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga : Cara Agar Komputer atau Laptop Tidak Sleep Otomatis

9 Cara Merawat Komputer Agar Tetap Awet | materitekno | 4.5