Pengertian Komputer Analog Adalah : Fungsinya

By On Senin, Januari 20th, 2020 Categories : Komputer

Pengertian Komputer Analog Adalah : Fungsi Komputer Analog – Dalam zaman yang sudah serba modern, pasti anda sudah tahu dengan apa itu komputer. Komputer merupakan salah satu alat yang digunakan untuk mengelola data dengan apa yang sudah dirumuskan sebelumnya.

Pengertian Komputer Analog Adalah  Fungsi Komputer Analog

Pengertian Komputer Analog Adalah Fungsi Komputer Analog

Tahukah anda kalau komputer dibagi menjadi berbagai jenis, salah satunya komputer yang berjenis analog. Bagi anda yang sudah mengetahui tentang dunia komputer, mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan komputer analog.

Bila anda yang belum mengetahui tentang apa itu komputer analog, anda tak perlu cemas, karena disini kami akan mengulas tentang komputer analog.

Info Komputer Lainnya :

Akan tetapi, pada artikel ini kami hanya membahas pengertian dan fungsi dari komputer analog saja. Namun tenang, disini kami akan mengulas secara detail sehingga anda dapat mengerti tentang apa itu komputer analog. Berikut dibawah ini merupakan pengertian dan fungsi dari komputer analog.

Pengertian Komputer Analog

Pengertian Komputer analog adalah salah satu jenis komputer yang tidak memiliki sifat digital dan komputer ini bekerja dengan cara yang seperti analog.

Komputer analog menjadi salah satu komputer yang tidak memiliki rangkaian dari elektronik untuk pengoperasiannya.

Komputer analog bekerja untuk menganalisa data dalam melanjutkan dengan tipe data seperti fisik dan angka yang secara kuantitatif. Komputer analog juga menjadi salah satu komputer yang dikenal sebagai sebuah mesin analog.

Pada umumnya komputer analog terdapat ciri-ciri utama, berikut dibawah ini merupakan ciri-ciri utama dari komputer analog.

  • Data yang terukur bersifat kuantitatif.
  • Hasil dari penghitungan bertunjukan secara fisik, sebagai contoh adalah dalam bentuk angka dan jarum, seperti speedometer.
  • Biasanya hanya bisa berfungsi ketika melakukan penghitungan ataupun pengukuran yang tertentu atau hanya tujuan-tujuan yang tertentu.

Fungsi Komputer Analog

Dari berbagai sumber yang sudah kami dapatkan, ternyata kata pengungsi dari komputer analog memiliki 8 fungsi yang paling utama.

Seperti apa fungsi-fungsi tersebut? Langsung saja simak ulasan yang sudah di disusun oleh kami bagi anda yang ingin mencari tahu tentang fungsi dari komputer analog. Berikut ulasannya.

1. Digunakan Pada Objek Yang Tertentu

Seperti yang sudah diketahui oleh kita kalau salah satu contoh yaitu speedometer. Fungsi dari speedometer menjadi sebagai alat pengukur kecepatan dari kendaraan ketika sedang berada didalam perjalanan.

Tak hanya speedometer saja yang menggunakan teknologi seperti ini, bahkan masih ada banyak lagi, misalnya seismograf, voltmeter dan berbagai alat lainnya.

Contoh dari berbagai alat tersebut merupakan alat untuk digunakan ketika mengukur objek yang tertentu, dengan begitu kita dapat melihat informasi yang berdasarkan dari hasil alat yang memakai komputer analog.

2. Mempermudah Dalam Pengoperasian

Komputer analog bisa digunakan dengan mudah dalam pengoperasiannya. Kita bisa lihat pada speedometer. Agar bisa mengetahui kecepatan dari kendaraan tersebut ketika dalam perjalanan dengan cara menjalankan mesinnya. Dengan begitu, speedometer akan memberikan hasilnya.

Hal yang sebenarnya komputer analog bisa digunakan dengan mudah, apalagi anda adalah orang yang pemula dalam menggunakan komputer analog. Ini dikarenakan langkah-langkah dari komputer analog sangat mudah dilakukan.

3. Tidak Memerlukan Aliran Waktu

Pada umumnya komputer analog tidak memerlukan aliran listrik ketika beroperasi. Tentu saja ini berbeda dengan komputer yang lain, seperti komputer digital dimana komputer digital memerlukan daya listrik sehingga mesin bisa bekerja.

Tentu saja hal ini tidak akan membuat aktivitas terganggu pada saat pemadaman listrik terjadi. Walaupun demikian tetap masih ada komputer yang membutuhkan daya listrik dalam pengoperasiannya.

4. Menjadikan Hasil Lebih Akurat

Komputer analog berfungsi untuk membuat hasil menjadi lebih akurat ketika menggunakannya. Bahkan ini dapat membantu untuk mengetahui berapa arus daya, jumlah dan besaran dari sebuah objek.

Oleh karena itu komputer analog akan menunjukkan berbagai angka serta jarum maupun angka saja dalam membantu untuk menentukan hasil.

Walaupun demikian, hal ini bukan berarti kalau komputer analog tidak akan mendapat kerusakan. Kerusakan bisa terjadi ketika kita tidak merawat komputer analog dengan baik.

5. Lebih Banyak Digunakan Pada Kebutuhan Industri

Berbeda dengan komputer digital yang telah memiliki berbagai fungsi, sementara komputer analog hanya berfungsi pada kebutuhan yang tertentu, salah satunya keperluan industri.

Ada berbagai mesin industri yang menggunakan komputer analog untuk keperluan dalam pengoperasiannya. Maka dari itu komputer analog hanya bertujuan pada titik-titik yang tertentu.

6. Untuk Digunakan Secara Terus-menerus

Salah satu fungsi dari komputer analog adalah bisa digunakan dengan cara terus menerus. biasanya bisa ditemukan di setiap pabrik-pabrik yang ada.

Disebabkan mesin yang ada di sana bisa digunakan secara terus-menerus dan tidak pernah dimatikan selama beroperasi. Dengan demikian, ini dapat membantu hasil dari produksi industri tersebut sehingga bisa berjalan secara terus-menerus.

7. Menjadi Lebih Bebas

Selain itu, fungsi dari komputer analog bisa menjadi lebih bebas dalam artinya ini tidak memerlukan kode atau bahasa yang tertentu untuk menjalankannya.

Jika kita membandingkan komputer analog dengan komputer digital di mana komputer digital akan lebih memerlukan bahasa pemrograman atau bisa saja memerlukan kode-kode yang tertentu sehingga bisa mengoperasikan mesinnya. Fungsi dari komputer analog bisa digunakan secara bebas di keseharian tanpa sepengetahuan kita.

8. Digunakan untuk Mengola Data Secara Fisik

Komputer analog berfungsi untuk digunakan pada saat mengola data secara fisik. Sebagai contoh adalah seperti apa yang sudah disebutkan tadi di atas, speedometer, voltmeter dan seismograf.

Berbeda dengan komputer digital di mana ini hanya untuk mengola data yang masih belum matang dan hasilnya hanya bisa didapati ketika berbentuk digital ataupun fisik. Maka dari itu komputer analog hanya bisa digunakan pada pengukuran.

Pengertian Komputer Analog Adalah : Fungsinya | materitekno | 4.5