Pengertian Komputer Adalah : Sejarah dan Fungsinya

By On Senin, Desember 9th, 2019 Categories : Komputer

Pengertian Komputer Adalah : Sejarah dan Fungsi Komputer – Zaman sekaran sudah semakin canggih dengan alat-alat yang berteknologi. Mungkin anda sudah tidak asing lagi dengan komputer.

Pengertian Komputer Adalah : Sejarah dan Fungsi Komputer

Pengertian Komputer Adalah : Sejarah dan Fungsi Komputer

Pada jaman sekarang komputer menjadi salah satu alat yang terpopuler untuk membantu pekerjaan sehari-hari, seperti di perkantoran, sekolahan dan di instansi-instansi lainnya.

Tentu saja dengan adanya komputer ini akan membuat pekerjaan kita menjadi lebih mudah. Nah, langsung saja tanpa basa-basi kita akan membahas mengenai komputer, mulai dari pengertian, sejarah hingga fungsi dari komputer. Berikut ulasannya,

Pengertian Komputer

Komputer merupakan salah satu alat yang berteknologi tinggi dan dirancang secara khusus buat mengolah informasi.

Jika kita melihat pada istilah latin, kata komputer diambil dari kata computare yang merupakan sebuah mesin untuk memprogram dan juga menghitung.

Selain itu, komputer juga memiliki pengertian yang berbeda-beda disetiap para ahli, namun pada intinya pengertian komputer tetap sama. Coba anda simak pengertian menurut beberapa ahli seperti dibawah ini.

  • Robert H. Blissmer

Menurut Robert H. Blissmer komputer merupakan alat jenis elektronik yang bisa membantu untuk menyelesaikan tugas anda, seperti memproses input, menerima input dan menyediakan output yang berbentuk informasi.

  • William M. Fouri

Pengertian komputer dari William M. Fouri mengatakan kalau komputer merupakan sebuah alat untuk memproses data dengan cara perhitungan besar yang secara tepat.

Perhitungan tersebut juga termasuk didalamnya seperti, aritmatika hingga operasi logika yang tanpa bantuan dari manusia.

  • Nancy Long dan Larry Long

Menurut kedua ahli yang bernama Nancy Long dan Larry Long dimana mereka berpendapat kalau komputer merupakan salah satu alat menghitung yang berjenis elektronik untuk menginterpretasikan dan melaksanakan tugas dari program pada perhitungan, output, input danĀ  berbagai operasi logic.

  • C Hamacher

Sedangkan menurut V. C Hamcher mengatakan bahwa komputer merupakan suatu mesin penghitung jenis elektronik yang cepat untuk menerima informasi dari input digital dan memproses pada program yang telah disimpan di memori hingga mendapatkan output informasi.

  • William, Sawyer

Sementara William, Sawyer berpendapat kalau komputer berpengertian sebagai mesin serbaguna untuk memprogram dan menerima data-data hingga memproses maupun memanipulasinya pada informasi yang bisa digunakan oleh kita.

Baca Juga :

Sejarah Komputer

Sejarah komputer dibagi hingga menjadi 5 generasi. Seperti apa sih yang menjadi sejarah bagi komputer dari generasi ke generasi. Berikut dibawah ini merupakan sejarah dari generasi ke generasi yang ada pada komputer.

  • Generasi Pertama, 1946-1959

Pada Generasi yang pertama komputer menggunakan sebuah Tabung Vakum buat sirkuit dan juga drum magnetik yang sebagai penyimpan memori.

Pada umumnya Tabung Vakum dijadikan sebagai memperkuat sinyal yang mengendalikan gerakan dari elektron dalam ruang evakuasi.

Generasi pertama membuat pengguna kesusahan dalam menggunakan komputer, bahkan biayanya cukup mahal.

  • Generasi Kedua, 1959-1965

Generasi kedua, dimana teknologi dari Tabung Vakum telah digantikan menjadi Transistor. Keunggulan dari Transistor ini adalah memiliki bentuk lebih kecil, hal ini untuk membuat komputer menjadi lebih hemat energi.

Dari generasi kedua inilah pemrograman sudah mulai dikenal, seperti Fortran dan Cobol. Teknologi dari penyimpanan juga dirubah, dari drum magnetik hingga menjadi teknologi magnetik.

  • Generasi Ketiga, 1965-1971

Generasi yang ketiga komputer telah menggunakan Sirkuit Terintegrasi dengan menggunakan chip silikon atau semikonduktor dan memiliki bentuk yang lebih kecil.

Pada masa ini keyboard dan mouse sudah mulai dikenal, bahkan komputer digenerasi ketiga komputer telah dilengkapi sistem operasi.

  • Generasi Keempat, 1971-Sekarang

Untuk generasi yang ketiga prosesor micro sudah mulai diperkenalkan ketika ribuan Sirkuit Terintegrasi sudah masuk pada chip silikon yang kecil.

Prosesor yang pertama Intel yaitu 404 Chip telah menjadi salah satu otak utama pada komputer. Pada masa inilah istilah dari Personal Computer mulai digunakan.

  • Generasi Kelima, Sekarang-Masa Akan Datang

Generasi yang kelima komputer dibangun dengan kecerdasan buatan, ini juga masih tahap dari pengembangan. Salah satu contoh teknologi yaitu teknologi dari pengenal suara.

Penggunaan dari pemrosesan paralel hingga superkonduktor menjadi sebuah dasar dari teknologi kecerdasan buatan.

Fungsi Komputer

Komputer memiliki 4 fungsi utama, langsung saja anda menyimaknya ulasan yang ada dibawah ini.

  • Input – dimana ini berfungsi sebagai menerima informasi maupun data dari luar.
  • Processing – pada fungsi yang kedua komputer menjadi sebagai alat yang memproses berbagai macam informasi dan data yang berasal dari perangkat input. Dengan begitu data ataupun informasi akan disimpan pada memori internal dan kemudian diproses sehingga menghasilkan informasi yang baru untuk dikirimkan pada perangkat output.
  • Output – data yang telah diproses akan diberikan pada fungsi dari Output. Hasilnya akan digunakan oleh para pengguna ataupun perangkat lainnya, contoh perangkat seperti monitor, speaker dan printer. Inilah yang akan menyajikan output pada komputer hingga dimanfaatkan oleh para pengguna dan perangkat lain.
  • Storage – fungsi yang terakhir dari komputer adalah tempat penyimpanan informasi. Pada umumnya penyimpanan dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, mulai dari penyimpanan utama komputer hingga penyimpanan tambahan dari komputer.
Pengertian Komputer Adalah : Sejarah dan Fungsinya | materitekno | 4.5