Pengertian Safe Mode Android Adalah : Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Mematikan

By On Senin, November 18th, 2019 Categories : Android

Pengertian Safe Mode Android Adalah : Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Mematikannya – Sejak zamannya android mulai marak dipergunakan, dari sinilah istilah “safe mode” menyentuh permukaan. Safe mode adalah cara yang dilakukan untuk membuat kinerja android kembali seperti semula ketika masih dalam keadaan baru.

Pengertian Safe Mode Android Adalah Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Mematikannya

Pengertian Safe Mode Android Adalah Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Mematikannya

Mode ini diterapkan agar android dapat bekerja secara maksimal tanpa ngelag yang disebabkan oleh pemasangan aplikasi. Pemasangan aplikasi seperti inilah menjadi salah satu penyebab android bekerja dengan sangat lamban bahkan sulit mengenali perintah.

Pengertian Safe Mode Android

Pada dasarnya, safe mode adalah kondisi di mana smartphone bekerja tanpa pelibatan aplikasi-aplikasi atau beroperasi berdasarkan fungsi utamanya saja.

Aktivasi safe mode membuat seluruh aplikasi “third party” berhenti beroperasi. Biasanya, safe mode digunakan untuk mengatasi masalah boot loop pada android.

Fungsi Safe Mode Android

Safe mode diciptakan bukan tanpa arti melainkan memiliki fungsi yang secara umum berguna untuk memulihkan kinerja android.

Terdapat beberapa fungsi safe mode pada android seperti berikut ini.

  • Antisipasi Malware dan Virus

Hal yang harus diketahui oleh setiap pengguna smartphone adalah masuknya malware dan virus melalui aplikasi tertentu. Lebih lagi jika smartphone sering digunakan untik mengunduh atau mengunggah data.

Dengan diaktifkannya safe mode akan membuat android beristirahat sejenak dari kegiatan yang mampu menguras “tenaganya” sangat dalam.

  • Pengaman Data

Terkadang, untuk mengantisipasi malware atau virus pada android, pengguna lebih memilih factory data reset yang membuat performa amdroid kembali seperti pertama kali dibeli.

Namun, ini terbilaang kurang efektif karena android akan kehilangan data-datanya apabila tidak dicadangkan terlebih dahulu.

  • Perlindungan Android Terhadap Aplikasi Gelap

Aplikasi gelap atau aplikasi yang tjdak jelas asal usulnya akan membuat smartphone bekerja lebih berat. Sehingga, safe mode akan membuat aplikasi tersebut terkarantina sementara.

Baca Juga :

Cara Mengaktifkan Safe Mode Android

Mengingat safe mood memiliki fungsi yang terbilang cukup membantu meningkatkan kinerja android, sesekali pengguna disarankan untuk mengaktifkan safe mode.

Cara mengaktifkan safe mode pada umumnya tidak sama pada setiap android. Pada android “old version”, safe mode dapat diaktifkan dengan cara menonaktifkan android lalu menyalakannya kembali dengan menekan kedua tombol volume dan tombol power secara bersamaan.

Pada penggunaan android “new version”, terdapat beberapa cara yang mesti dilakukan seperti berikut ini.

1). Safe Mode pada Android OS 6.0

Cara mengaktifkan safe mode pada android OS 6.0 adalah dengan menahan tombol power. Setelah tombol power ditekan, maka akan muncullah opsi di antaranya adalah “power off”, “air plane mode”, dan “restart”. Lalu, tahan lagi tombol power hingga muncul tulisan “reboot to safe mode”.

Jika tulisan tersebut telah muncul di layar android, tekanlah “ok” agar android di restart ulang dan safe mode teraktivasi.

2). Safe Mode pada Android HTC dan Samsung Galaxy

Berikut adalah cara yang dapat diterapkan untuk mengaktifkan safe mode pada android HTC dan Samsung Galaxy.

  • Menonaktifkan android dengan menekan tombol power lalu memilih opsi power off.
  • Setelah android nonaktif, tekan dan tahanlah tombol power off tadi hingga muncullah logo HTC atau Samsung.
  • Jangan lupa untuk melepas tombol power lalu tahanlah tombol volume down. Jangan berhenti menekan dan menahan tombol tersebut hingga android mengubah sistem operasinya menjadi safe mode. Ketika safe mode sudah teraktivasi, lepaslah tombol volume down tersebut.

3). Safe Mode pada Android Xiaomi

Berikut adalah cara mengaktifkan safe mode pada android Xiaomi.

  • Nonaktifkan android dengan menekan dan menahan tombol power.
  • Setelah android berada dalam keadaan nonaktif, aktifkan kembali android tersebut menggunakan tombol power.
  • Setelah android menyala dengan sempurna, tekan sensor sidik jari secara berulang hingga muncul perintah “safe mode”.

Cara Menonaktifkan Safe Mode Android

Ketika pengguna android ingin menggunakan smartphone untuk manfaat tertentu, safe mode dapat dinonaktifkan dengan cara berikut ini.

Cara menonaktifkan safe mode pada android terbilang sangat mudah. Sebelumnya, pastikan android berada dalam keadaan restart ulang. Tunggu beberapa saat hingga android melakukan booting dengan sendirinya.

Nah, itulah ulasan mengenai fungsi safe mode pada android dan cara mengaktifkan atau mematikannya. Sebenarnya, metode ini digunaakan untuk mengembalikan performa android sama seperti pertama kali membelinya.

Perlu diketahui bahwa android yang lemot dan lelet disebabkan oleh beberapa aplikasi yang berjalan secara bersamaan.

Ada baiknya pengguna selalu memeriksa keadaan android seperti aplikasi apa saja yang sedang berjalan. Jika banyak ditemukan aplikasi bawaan yang berjalan atau tidak diperlukan, lakukan copot pemasangan.

Pertimbangkan penggunaan aplikasi yang dirasa tidak perlu digunakan. Jika Anda adalah pengguna android untuk keperluan senang-senang seperti bermain game, pastikan Anda tidak menggunakan android berkapasitas rendah dan cepat panas.

Pengertian Safe Mode Android Adalah : Fungsi, Cara Mengaktifkan dan Mematikan | materitekno | 4.5